Rabu, 06 November 2013

Visi Misi dan Tujuan



Visi

Visi merupakan suatu keadaan atau harapan yang harus diwujudkan pada masa yang akan datang. Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, KMB dituntut untuk memberikan kontribusi dalam memajukan masyarakat Indonesia. Untuk itu ditetapkan visi KMB sebagai berikut :

Menjadi organisasi sosial yang kompeten dan beradab, agar dapat turut aktif dalam membentuk masyarakat Indonesia yang madani.

Organisasi social yang kompeten dan beradab merupakan suatu organisasi, termasuk individu di dalamnya, yang memiliki kemampuan yang cakap pada bidangnya dan tetap menjunjung nilai luhur Ketuhanan sebagai bagian dalam bertindaknya. Organisasi tersebut diharapkan mampu turut aktif dalam terbentuknya masyarakat Indonesia yang lebih baik.


Misi

Untuk mencapai visi diatas, disusun dan dirancanglah misi yang dapat mengakomodasikan seluruh kapasitas dan kapabilitas organisasi sehingga dapat dituangkan dalam misi sebagai berikut:
1. Sebagai organisasi sosial yang mengedepankan intelektualitas dan kepekaan sosial   anggotanya, yang disertai dengan penanaman tata nilai agama yang ada.
2. Bekerjasama dengan elemen masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan kerakyatan dan kebangsaan, sebagai upaya dalam terbentuknya masyarakat Indonesia yang madani. 

Tujuan Strategis 

Dalam rangka mencapai hal tersebut, visi dan misi harus dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah dan operasional berupa perumusan tujuan strategis (strategic goals) organisasi.

Tujuan strategis merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi yang akan dicapai dalam jangka waktu 1 (satu) sampai 5 (tahun). Dengan diformulasikannya tujuan strategis ini, maka KMB dapat secara tepat mengetahui apa yang harus dilaksanakan oleh organisasi dalam memenuhi visi misinya untuk kurun waktu tersebut dengan mempertimbangkan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki. Lebih dari itu, perumusan tujuan strategis ini juga akan memungkinkan KMB untuk mengukur sejauh mana visi dan misi organisasi telah dicapai mengingat tujuan strategis dirumuskan berdasarkan visi dan misi organisasi.

Adapun tujuan strategis dari Komunitas Mahasiswa Berbagi adalah sebagai berikut:

1.        Terciptanya komunitas yang sehat jasmani dengan Intelektualitas dan pemahaman agama yang baik

a.       Terlaksananya kegiatan Olahraga bersama dalam KMB;

b.      Terwujudnya kelompok belajar bersama dalam KMB;

c.       Terwujudnya kegiatan kajian keagamaan dalam KMB;

d.      Terwujudnya pelaksanaan training motivation dalam KMB.

2.        Turut serta dalam terwujudnya masyarakat madani di Indonesia

a.       Terwujudnya kegiatan diskusi terkait kondisi masyarakat;

b.      Adanya penyaluran Bantuan kepada yang membutuhkan;

c.       Terwujudnya pelaksanaan kegiatan mengajar anak Bangsa;

d.      Adanya kerjasama dengan Lembaga lain dalam pengabdian.

3.        Terselenggaranya manajemen organisasi yang baik

a.       Adanya Website dan akun social KMB;

b.      Terbentuknya jaringan komunikasi antar anggota KMB;

c.       Terwujudnya unit usaha organisasi;

d.      Tersedianya pelaporan kinerja secara berkala.

0 komentar:

Posting Komentar